
Senin, 09 November 2009
di
11.22
|
Untuk memulai membuat program ada bebrapa tahapan yang harus dilakukan, antara lain adalah :
•Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan (Input layout, Proses-proses, dan Output layout)
•Menganalisa penyelesaian masalah
•Membuat algoritma dan flowchart
•Menulis program
•Melakukan testing
•Program selesai
•Membuat dokumentasi
Untuk sekarang ini kita akan membahas algoritma dan flowchart.
Algoritma bisa diartikan sebagai inti dari ilmu komputer, tetapi jika dihubungkan dengan program adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah ato dapat dikatakan sebagai blueprint dari……….Untuk memulai membuat program ada bebrapa tahapan yang harus dilakukan, antara lain adalah :
•Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan (Input layout, Proses-proses, dan Output layout)
•Menganalisa penyelesaian masalah
•Membuat algoritma dan flowchart
•Menulis program
•Melakukan testing
•Program selesai
•Membuat dokumentasi
Untuk sekarang ini kita akan membahas algoritma dan flowchart.
Algoritma bisa diartikan sebagai inti dari ilmu komputer, tetapi jika dihubungkan dengan program adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah ato dapat dikatakan sebagai blueprint dari program. Algoritma sebaiknya disusun sebelum membuat program. Untuk membuat algoritma ada beberapa kriteria yang haru dilakukan, antara lain adalah complete, precise, dan finite.
Contohnya:
Menghitung Luas persegi panjang dengan masukan berupa p dan l
Algoritmanya adalah :
1.Masukkan nilai p dan l
2.Hitung Luas Persegi Pangjang
3.Cetak Luas Persegi Pangjang
Flowchart merupakan bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah peyelesaian suatu masalah dan juga bisa dikatakan sebagai cara penyajian dari suatu algoritma.
Setahuku ada dua macam flowchart, yaitu System Flowchart dan Program Flowchart. Karena sekarang aq hanya membahas Program Flowchart. Pertama gambar untuk pembuatan flowchart. Untuk gambar bisa dibagi menjadi dua bagian, antara lain adalah Processing Symbol dan Input/Output Symbol.
Processing Symbol

Input/Output Symbol

Untuk pembuatan flowchart itu sendiri tidak ada kaidah yang baku. Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogaman dengan pemrogaman lainnya. Secara gari besar ada 3 bagian utama, yaitu Input, Proses, dan Output. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Serta flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Untuk pembuatan flowchart disarankan menghindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
Contoh flowchart dari contoh program yang telah disebutkan di atas :

•Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan (Input layout, Proses-proses, dan Output layout)
•Menganalisa penyelesaian masalah
•Membuat algoritma dan flowchart
•Menulis program
•Melakukan testing
•Program selesai
•Membuat dokumentasi
Untuk sekarang ini kita akan membahas algoritma dan flowchart.
Algoritma bisa diartikan sebagai inti dari ilmu komputer, tetapi jika dihubungkan dengan program adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah ato dapat dikatakan sebagai blueprint dari……….Untuk memulai membuat program ada bebrapa tahapan yang harus dilakukan, antara lain adalah :
•Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan (Input layout, Proses-proses, dan Output layout)
•Menganalisa penyelesaian masalah
•Membuat algoritma dan flowchart
•Menulis program
•Melakukan testing
•Program selesai
•Membuat dokumentasi
Untuk sekarang ini kita akan membahas algoritma dan flowchart.
Algoritma bisa diartikan sebagai inti dari ilmu komputer, tetapi jika dihubungkan dengan program adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah ato dapat dikatakan sebagai blueprint dari program. Algoritma sebaiknya disusun sebelum membuat program. Untuk membuat algoritma ada beberapa kriteria yang haru dilakukan, antara lain adalah complete, precise, dan finite.
Contohnya:
Menghitung Luas persegi panjang dengan masukan berupa p dan l
Algoritmanya adalah :
1.Masukkan nilai p dan l
2.Hitung Luas Persegi Pangjang
3.Cetak Luas Persegi Pangjang
Flowchart merupakan bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah peyelesaian suatu masalah dan juga bisa dikatakan sebagai cara penyajian dari suatu algoritma.
Setahuku ada dua macam flowchart, yaitu System Flowchart dan Program Flowchart. Karena sekarang aq hanya membahas Program Flowchart. Pertama gambar untuk pembuatan flowchart. Untuk gambar bisa dibagi menjadi dua bagian, antara lain adalah Processing Symbol dan Input/Output Symbol.
Processing Symbol

Input/Output Symbol

Untuk pembuatan flowchart itu sendiri tidak ada kaidah yang baku. Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogaman dengan pemrogaman lainnya. Secara gari besar ada 3 bagian utama, yaitu Input, Proses, dan Output. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Serta flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Untuk pembuatan flowchart disarankan menghindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
Contoh flowchart dari contoh program yang telah disebutkan di atas :

0 komentar:
Posting Komentar